Kajian Geoteknik

PEMETAAN GEOTEKNIK


Dalam industri pertambangan sebelum melakukan desain pit tambang yang efektif, efisien, dan aman dari bencana longsor diperlukan adanya kajian geoteknik guna mengetahui nilai kekuatan dari setiap batuan yang berada pada Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP)

Bima Shabartum Grup telah memiliki sistem dalam mengumpulkan data-data geoteknik dilapangan, analisis kinematika struktur geologi, analisis sampel batuan, investigasi kemampugalian dan kemampugaruan, pemodelan kestabilan lereng, dan rekomendasi optimalisasi penambangan. Analisis geoteknik yang dilakukan mengacu pada Kepmen ESDM No. 1827 K/30/MEM/2018, sehingga nantinya dapat memberikan gambaran acuan dasar dalam pembuatan desain tambang.

PENGEBORAN GEOTEKNIK


Kami menyediakan jasa pemboran geoteknik yang bertujuan untuk memeroleh sampel batuan, sehingga representatif digunakan dalam kajian geoteknik dan analisis laboratorium. Jasa pemboran geoteknik yang ditawarkan adalah dua metode, yaitu full coring dan touch coring. Metode ini juga dapat dikombinasikan dengan Standar Penetration Test (SPT) yang dilakukan bersamaan pada saat pemboran untuk menentukan aspek geoteknik, seperti ketahanan dinamis tanah atau sampel terganggu (disturbed) dalam suatu metode penestrasi.

Sampel geoteknik yang telah diambil secepat mungkin dikirimkan ke laboratorium dalam keadaan yang sama dengan kondisi asli lapangan dan selanjutnya akan dibungkus menggunakan plastik/alumunium foil untuk menjaga kondisi serta menghindari kerusakan selama perjalanan menuju laboratorium