Pemantauan Lingkungan

Pemantauan lingkungan merupakan kegiatan memahami fenomena-fenomen lingkungan hidup pada suatu kegiatan yang sedang beroperasi. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bahwa lingkungan hidup tidak terkontaminasi dan tidak terganggu secara signifikan. Tentunya, jika hal tersebut terjadi akan berdampak pada suatu kegiatan melanggar regulasi yang telah ditentukan terkait standar baku mutu.

Pemantauan lingkungan ini dilakukan dengan memerhatikan faktor-faktor berupa parameter yang dapat menyebabkan perubahan mendasar dan berdampak besar lingkungan hidup. Hal ini dijelaskan mulai dari indikator komponen lingkungan hidup yang strategis, indikator dari komponen dampak besar (kualitas air limbah yang ditinjau dari pH, BOD, suhu, warna, bau, kandungan minyak, dan logam berat), serta sumber dampak.

Bima Shabartum Grup menyedikan jasa pemantauan lingkungan yang berfungsi untuk mengetahui keadaan lingkungan hidup yang memiliki sumber dampak dan telah dikelola, sehingga perlu dipastikan bahwa lingkungan yang terdampak tersebut tetap aman, dan tidak melewati batas baku mutu yang telah ditentukan.