Pemetaan Sosial

Pemetaan sosial (social mapping) merupakan kegiatan yang mengumpulkan informasi-informasi secara sosial pada lingkungan sekitar rencana usaha dan/atau kegiatan secara sistematik. Istilah lain pemetaan sosial adalah social profiling atau pembuatan profil suatu masyarakat.

Pemetaan sosial perlu dilakukan sebelum melaksanakan suatu usaha dan/atau kegiatan di sekitar lingkungan tersebut. Hal ini merupakan proses pendekatan dalam pengembangan masyarakat. Pemetaan sosial ini dilakukan dengan cara pengumpulan data dan informasi sebanyak mungkin baik secara primer maupun sekunder.

Bima Shabartum Grup menyediakan jasa pemetaan sosial yang berfungsi untuk mengetahui calon sasaran, kondisi atau karakteristik dan permasalahan sosial pada lingkungan sekitar usaha dan/atau kegiatan. Hal ini digunakan sebagai bahan untuk menentukan keputusan yang tepat dan sesuai dengan sosial lingkungan tersebut untuk rencana pelaksanaan Program Pengembangan Masyarakat (PPM). Selain itu, fungsi dari pemetaan sosial ini berperan penting sebagai dasar penyusunan perencanaan PPM.